Serupa dengan negara yang terdampak wabah COVID-19, Pemerintah Indonesia juga memerintahkan masyarakat untuk melakukan social distancing dan physical distancing dengan cara work from home (WFH). Kebijakan WFH ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk beradaptasi secara cepat dengan pola kerja baru.

Dengan adanya hal tersebut membuat sektor-sektor bisnis harus memikirkan bagaimana cara agar bisnis mereka tetap berjalan normal di tengah wabah ini. 

Dalam situasi seperti ini, banyak sekali pertanyaan yang muncul seputar WFH. Untuk itu, kami akan merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemilik bisnis maupun HR seputar WFH:

Baca Juga: Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Tools apa yang efektif untuk digunakan berkomunikasi antar tim via chat, selain WhatsApp, karena saat ini masih banyak perusahaan konvensional mengandalkan WhatsApp?

Selain WhatsApp, Anda dapat mencoba menggunakan Microsoft Teams atau Slack apabila Anda perlu memisahkan percakapan sesuai divisi perihal diskusi kerja maupun percakapan pribadi. 

Untuk mengakomodasi konferensi online atau meeting online, tools apa yang dapat digunakan?

Apabila komunikasi antar tim maupun rekan kerja dirasa kurang melalui chat dan  dibutuhkan adanya meeting online. Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi video call antara lain Zoom, GoToMeeting, Google Hangout Meet, WebEx, dan Microsoft Teams. Cara ini dapat dilakukan untuk mengurangi persepsi yang salah apabila melakukan penyampaian kerja melalui chat.

Baca Juga: Raih Cuan dari Usaha Logistik di Masa Pandemi Covid-19

Saat ini banyak tools yang dapat digunakan perusahaan seperti Google Sheets dan email, namun penerapannya masih terdapat kendala. Bahkan beberapa masih mengandalkan kirim dokumen via kurir. Tools apa yang dapat digunakan apabila terjadi kasus semacam itu?

Kebutuhan perusahaan tentu tidak sama seperti sebelum virus corona ini mewabah. Untuk itu diperlukan tools yang memungkinkan setiap karyawan dapat berkolaborasi dalam sebuah project secara online. Tools ini memungkinkan pekerjaan dapat didelegasikan ke setiap orang, serta memungkinkan atasan untuk memantau pekerjaan yang sudah dilakukan karyawan.

Ada banyak pilihan tools, antara lain Google Docs, Microsoft Office 365, Jira Atlassian, Monday.com, Asana, Trello, Quip dan Basecamp.

Apakah ada tools yang dapat digunakan karyawan untuk menyampaikan saran maupun feedback kepada perusahaan di tengah penerapan WFH?

Feedback dari karyawan dapat dilakukan secara konferensi online. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa karyawan yang segan untuk mengungkapkannya. Untuk itu Anda dapat menggunakan aplikasi Slido, dimana Anda dapat menyampaikan saran atau feedback secara anonim.

Dimasa pandemi virus corona ini, apakah ada tools yang dapat menciptakan kerjasama tim dengan cara menyenangkan?

Dengan adanya virus corona, kita dituntut untuk tetap diam dirumah dan menjalankan WFH. Hal ini akan menimbulkan kebosanan dan kejenuhan selama bekerja, untuk itu diperlukan sesi entertainment untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan tim. Anda dapat mencoba aplikasi Quizizz atau Kahoot! untuk berinteraksi secara menyenangkan antara karyawan di sela-sela meeting bersama tim.

Ternyata sangat banyak tools yang dapat digunakan, apakah ada tools lainnya yang dapat membantu pengusaha selama masa WFH?

Anda dapat melihat berbagai aplikasi dan layanan pendukung selama work from home yang telah tim Hadirr rangkum di https://bit.ly/GotongRoyongCOVID19.

Baca Juga: Cara Monitor Karyawan WFH yang Melanggar Larangan Mudik

cta sales cycle

Menjaga kedisiplinan dan produktivitas kerja adalah panduan utama dalam WFH. Bagi perusahaan perlu adanya tools untuk memantau kinerja karyawan, salah satunya adalah dengan aplikasi absensi Hadirr. Pencatatan presensi Hadirr mobile attendance dengan melakukan selfie pada smartphone.

Validasi dengan face recognition dan GPS akan mengenali wajah dan lokasi presensi. Work from Home di tengah pandemi yang awalnya hampir tidak mungkin menjadi mungkin dan lebih praktis karena adanya aplikasi absensi Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Diyan Faranayli
Editor: Radika K. Cahyadi